Sabtu, 05 Juli 2008

Profile Program Keahlian

Program Keahlian Administrasi Perkantoran

1. Tujuan Umum
Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Sekretaris yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mencintai profesi pekerjaannya.

2. Tujuan Khusus:
SMK Program Keahlian Sekretaris sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan siswa/tamatan:

  • Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
  • Mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Sekretaris.
  • Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan d. Manajemen, khususnya Sekretaris.
  • Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.


3. Jabatan dan Lingkup Pekerjaan:
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Sekretaris antara lain :

  • Sekretaris Yunior
  • Juru Tata Usaha Kantor
  • Sekretaris Muda (Junior Secretary)
  • Resepsionis
  • Juru Steno
  • Operator Komputer
  • Operator Telepon, Telex dan Facsimile
  • Arsiparis/Agendaris
  • Petugas Humas/Keprotokolan


Program Keahlian Akuntansi

Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang Akuntansi dengan menerapkan kewiraswastaan serta mampu mengadaptasi perkembangan masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta dapat memenuhi tuntutan dunia kerja.

Tujuan Khusus:

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian Akuntansi sebagai bagian dari pendidikan menengah bertujuan :

  1. Mendidik peserta diklat dengan keahlian dan ketrampilan dalam bidang Akuntansi agar dapat bekerja secara mandiri atau mengisi lowongan kerja sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Mendidik peserta diklat agar mampu memilih karir, berkompetisi dan sikap profesional.
  3. membekali peserta diklat dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Ruang Lingkup Pekerjaan

  1. Perusahaan Jasa
  2. Perusahaan Dagang
  3. Perusahaan Industri
  4. Instansi Pemerintah
  5. Berwirausaha/Usaha Mandiri

Peluang Kerja

  1. Kasir
  2. Operator Komputer
  3. Operator Telepon
  4. Pemegang Buku
  5. Pemegang Administrasi Keuangan
  6. Wiraniaga

Program Keahlian Penjualan

1. Tujuan Program Keahlian

Tujuan Program Keahlian Penjualan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan program keahlian Penjualan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Menata Produk
  2. Melakukan negoisasi
  3. Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
  4. Melakukan proses administrasi transaksi
  5. Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi dilokasi penjualan
  6. Melakukan penyerahan / pengiriman produk
  7. Menagih pembayaran ( hasil Penjualan )
  8. Menemukan peluang baru dari pelanggan

2. Profil Kompetensi Lulusan

Profil kompetensi lulusan SMK terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, seperti Beriman dan bertaqwa, Berakhlak mulia, Sehat, Cakap, Kreatif, Mandiri, Demokratis, dan Bertanggungjawab, Disiplin dan Jujur, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.

3. Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Penjualan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Keahlian Penjualan pada jenjang SMK antara lain terdapat pada bidang kerja-bidang kerja berikut: Toko / Dealer, Pabrikasi, Koperasi, Perbankan, Asuransi, dan lain-lain.

Selain itu dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Penjualan juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha .


Blogger Tempates by Wantex and Wr